Majelis Ta’lim FK-UMI menggelar acara pengajian,buka puasa dan taraweh bersama yang tahun ini diadakan dikedianan Wakil Dekan I.

Majelis taklim fk umi dan buka puasa bersama 2

Kegiatan buka bersama bukan hanya semata-mata kegiatan rutinitas yang biasa dilaksanakan tiap datangnya bulan Ramadhan tiap tahunnya,namun buka bersama kali ini mempunyai makna yang penting yaitu mempererat hubungan silaturahmi antara pimpinan,dosen dan staf.Adapunpenceramah kali ini dibawahkan langsung oleh wakil dekan IV FK-UMI Drs.M Saip.P,MA,pada kesempatan kali ini beliau mengingatkan tentang pentingnya menjaga lisan terutama dalam hal Ghiba.Karena seringkali kita jumpai di bulan Ramadhan ini, masih ada saja yang tidak paham bahwa Ramadhan bukan sekedar bulan puasa, tetapi juga bulan menjaga lisan.Mari kita tengok sekitar kita, suami istri cekcok rumah tangga, atasan mencaci bawahan,ataupun sebaliknya.
Di zaman modern ini pun dampaknya semakin parah; dusta, cacian, umpatan, ghibah, fitnah dan lain sebagainya bisa tersebar secara massif melalui jejaring sosial, fasilitas aplikasi chatting dan lain-lain. Laa hawla wa laa quwwata illa billah.

Adalah kewajiban bagi seorang Muslim dengan Muslim lainnya untuk saling menasehati dalam kebenaran, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mejelaskan dalam sebuah hadits:
مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالعَمَلَ بِهِ، فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِي أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَه “Barang siapa tidak bisa meninggalkan ucapan yang haram dan perbuatan haram, maka Allah tidak memiliki hajat darinya dengan meninggalkan makan dan minumnya.” [H.R. Bukhari]
dalam hadist lain juga dikatakan إِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مَا يَتَبَيَّنُ مَا فِيهَا يَهْوِى بِهَا فِى النَّارِ أَبْعَدَ مَا بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ “Sesungguhnya ada seorang hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dipikirkan bahayanya terlebih dahulu, sehingga membuatnya dilempar ke neraka dengan jarak yang lebih jauh dari pada jarak antara timur dan barat.” [HR. Muslim].

Dengan demikian, kegiatan ini sangatlah bermanfaat dan diharapkan untuk bisa terus eksis. Semoga ibadah puasa kita menjadi lebih sempurna dari tahun-tahun sebelumnya.Amiin

Blog Attachment

Leave us a Comment

error: Content is protected !!