Fakultas Kedokteran UMI Meriahkan IHEX 2018

Mukisi

Pengurus Pusat Majelis Syuro Upaya Kesehatan Islam Indonesia (MUKISI) menyelenggarakan 1st International Islamic Health Care Conference and Expo (IHEX) di Jakarta Convention Center (JCC).

Kegiatan yang berlangsung mulai 10-12 ini dihadiri sekitar 1.200 peserta dari berbagi rumah sakit (RS) dan Institusi Pendidikan yang berbasis Islam di Seluruh Indonesia.

Tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia mengikuti hampir seluruh kegiatan yang diselenggarakan. Dalam kegiatan itu, Dekan FK UMI Prof Syarifuddin Wahid terpilih dan dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Daerah MUKISI Sulawesi Selatan.

Ketua Panitia International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) Burhanuddin Hamid Darmadji mengatakan, MUKISI masih fokus pada isu rumah sakit syariah tahun ini.

“Isu tersebut menjadi isu sentral dalam agenda MUKISI sekaligus isu pembeda dengan asosiasi rumah sakit yang lainnya,” jelasnya.

Fakultas Kedokteran UMI Meriahkan IHEX 2018

Sementara itu, Dekan FK UMI Prof Syarifuddin menuturkan, pihaknya sangat mendukung pengembangan RS Syariah. Dari beberapa pendekatan berbeda dengan tujuan yang sama, yaitu membangkitkan rumah sakit syariah di Nusantara.

Dalam kegiatan ini juga, FK UMI bersama RS Pendidikan utama FK UMI yaitu RS Ibnu Sina juga mengambil peran dalam kegiatan Expo.

“Pemantapan Kurikulum Kedokteran Islam dalam Pendidikan Dokter dan pelaksanaan Syariat Islam dalam pelayanan Kesehatan di RS saat ini menjadi sangat urgen untuk diberikan penguatan,” terangnya.

Selain Conference (Rapat Pengurus), kegiatan ini juga dirangkaikan dengan seminar dan berbagai Workshop yang berlangsung secara paralel al Workshop Integrasi Layanan Kesehatan Syariah dalam Kurikulum Pendidikan Dokter.

Turut hadir, Wakil Dekan 1 dan Wakil Dekan III FK UMI dr Shulhana Mokhtar yang juga adalah Pengurus pusat MUKISI dan panitia Kegiatan Workshop Kurikulum Islam, Koordinator Islam Disiplin Kedokteran (IDIK) FK UMI Dr Ida Royani.

Wakil dekan III FK UMI menyampaikan harapannya, melalui kegiatan yang mengangkat tema “Bangkitkan Rumah Sakit Syariah di Nusantara melalui Konsolidasi Potensi Umat” ini diharapkan mampu menghadirkan sebuah sistem pelayanan kesehatan yang memiliki kapabilitas dalam menjawab kebutuhan umat.

“Yakni kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan yang sesuai dengan prinsip syariah dan bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang,” tuturnya.

Seperti diketahui, dalam hal ini, FK UMI merangkul dan mengikutkan Mahasiswa Pengurus lembaga Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Kedokteran (KBMFK) UMI yang diwakili oleh Presiden BEM FK UMI Muhammad Irsan.

Leave us a Comment