FK UMI Bahas Kedokteran Komunitas dan Epidemiologi

Seminar KoasClinical Education Unit (CEU) Fakultas Kedokteran UMI kembali menggelar Seminar Ilmiah, Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI), Mahasiswa Program Profesi Dokter (MPPD), Sabtu (30/9/2017).

Seminar mingguan kali ini dibahas dua tema, yakni kedokteran komunitas dan epidemiologi penyakit tidak menular. Pada sesi pertama, pokok bahasan yang didiskusikan adalah Kedokteran Komunitas dimana pematerinya adalah dr. Sultan Buraena.

Pada sesi kedua, dibahas mengenai epidemiologi penyakit tidak menular yang dibawakan oleh dr. Hasta Handayani. “Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit serta fakor yang terkait di tingkat populasi,” kata dr. Hasta.

Hasta menjelaskan, epidemiologi adalah model cornerstone penelitian kesehatan masyarakat, dan membantu menginformasikan kedokteran berbasis bukti (eveidence based medicine) untuk mengidentifikasikan faktor risiko penyakit, serta menentukan pendekatan penanganan yang optimal untuk praktik klinik dan kedokteran preventif.

Sementara itu, Dekan FK UMI, Prof. Syarifuddin Wahid mengatakan, seminar ini wajib dihadiri oleh semua dokter coass dengan sistem absensi finger print. Seminar ini, berguna untuk mereka pada saat ujian kompetensi dokter nantinya,

“Materi-materi yang disajikan pada seminar adalah merupakan kompetensi dokter umum yang sering diujikan pada soal-soal ujian kompetensi dokter,” ungkap Syarifuddin.

Seminar rutin ini diikuti oleh sekitar 200-an orang dokter muda/coass Fakultas Kedokteran UMI. Dari tempat tugas di rumah sakit masing-masing, mereka semua berkumpul setiap Sabtu di FK UMI guna mengikuti seminar tersebut.

 

Blog Attachment

Leave us a Comment