BPJS Kesehatan Makassar Giatkan Pemeriksaan IVA dan Papsmear Gratis

gamasi

Makassar (Gamasifm) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan KCU Makassar berbagi informasi melalui Talkshow di Radio Gamasi 105,9 FM mengenai Kanker Leher Rahim atau yang dikenal dengan nama kanker serviks yang merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Dalam Talkshow tersebut, mendatangkan seorang Dokter yang ditunjuk pihak BPJS Kesehatan, Dr dr H. Nasruddin AM SpOG,MARS. Dia merupakan Direktur RSIA Siti Khadijah I Makassar yang juga memiliki segudang pengalaman bekerja di Bidang Kedokteran.

Talkshow dimulai dengan pengenalan kanker serviks. Kanker serviks merupakan kanker yang menyerang mulut rahim. Human Papilloma Virus (HPV) adalah virus penyebab kanker serviks. “kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit yang tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal, oleh karena itu sebaiknya lakukan screening kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini yang disediakan BPJS Kesehatan,” jelas DR Nasrudin yang juga tercatat bertugas di bagian Obgyn RS Ibnu Sina Makassar.

Papsmear merupakan sebuah tes yang dilakukan medis untuk mendeteksi kanker serviks dengan memeriksa kesehatan sel-sel pada leher rahim (serviks) dan vagina. Sel-sel akan dikumpulkan dan akan dilakukan pengujian dilaboratorium untuk pemeriksaan mikroskopis.

Pap smear sangat dianjurkan dilakukan oleh wanita sebagai bentuk pencegahan terjadinya kanker serviks, “bagi sambalu’gamasi yang sudah menjadi peserta BPJS maka anda bisa menjalani pap smear di faskes yang telah bekerjasama dengan BPJS dan akan ditanggung BPJS,” kata DR Nasrudin.

Talkshow yang berdurasi 1 jam tersebut cukup mendapat animo besar dari pendengar Radio Gamasi terutama dari kalangan wanita. Terbukti dari banyaknya pesan singkat yang masuk ke layanan SMS Radio Gamasi. Bahkan salah seorang pendengar yang mengakses siaran Radio Gamasi melalui live streaming di www.radiogamasi.com, berlokasi di wilayah Bandung juga teratrik untuk bertanya jawab ke narasumber yang hadir.

DR Nasrudin AM menambahkan, selain melakukan papsmear untuk wanita yang sudah menikah atau pernah melakukan hubungan seksual, dianjurkan pula untuk melakukan Vaksin pencegahan Serviks, ” usia 10-55 tahun sebagai melakukan vaksin 3x seumur hidup untuk mencegah terjadinya kanker leher rahim. Insya Allah kedepan, BPJS juga akan menggratiskan Vaksin tersebut.”

Diakhir acara, DR Nasrudin AM mengajak Sambalu’ Gamasi khusus untuk Wilayah Kerja KCU Makassar, melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas secara gratis dan melakukan Papsmear di empat tempat juga secara gratis. Yaitu Prodia Jalan Sungai Saddang dan Prodia Jalan Boulevard, Kimia Farma Ahmad Yani,dan kimia Farma Hasanuddin, “cukup bawa ki Kartu BPJS kesehatan yang aktif dan kartu identitas tambahan seperti KK dan KTP.” (*)

Blog Attachment

Leave us a Comment